Wednesday, June 30, 2010

Mengganti Judul Blog Dengan Judul Postingan | Judul Postingan Sebagai Judul Blog

Pada postingan kali ini saya tidak akan membahas artikel tentang elektronika atau kelistrikan, tetapi saya akan memberikan tip atau cara mengganti judul blog dengan judul postingan. Hal ini menurut saya cukup penting untuk diterapkan oleh para blogger mania. Mengapa menurut saya penting karena secara pengamatan selama ini adalah bahwa search engine memberikan porsi yang lebih besar pada judul blog dibanding judul postingan atau artikel. Jika anda kurang yakin dengan cara ini, anda bisa melakukan pembuktian terlebih dahulu. Cara pembuktiannya adalah coba anda lakukan pencarian dengan menggunakan judul blog anda di search engine google atau search engine lainnya seperti yahoo atau bing, kemudian coba anda bandingkan dengan hasil pencarian menggunakan judul postingan. Saya yakin sekali bahwa judul blog anda akan mendapatkan range yang lebih tinggi dibandingkan dengan judul postingan anda, asalkan judul postingan yang anda gunakan bukan judul yang terlalu panjang dan tidak kompetitif.

Sebenarnya cara mengubah judul postingan sebagai judul blog ini adalah bukan merupakan hasil kreasi saya sendiri. Cara ini saya dapatkan dari salah satu postingan web master. Karena memang jujur saja saya benar-benar buta mengenai bahasa html. Jadi untuk merancang suatu algortima pemrograman yang diinginkan dengan bahasa html tidak bisa saya lakukan sama sekali. Tapi anda jangan khawatir karena langkah-langkah untuk mengganti judul postingan sebagai judul blog ini bisa dikatakan cukup singkat dan mudah.
Langkah-langkah pengubahannya adalah sebagai berikut :

  1. Anda login ke blogger dengan akun blog anda.
  2. Kemudian masuk ke dasbor
  3. Pilih Rancangan
  4. Pilih Edit HTML (jika anda dibawa ke halaman perancang template, anda tinggal klik pilihan kembali ke blogger)
  5. Centang kotak chechk box Expand Template Widget di kanan atas.
  6. Cari tulisan berikut <title> <data:blog.title/> </ title>
  7. Ganti dengan <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
    <title><data:blog.title/></title>
    <b:else/>
    <title><data:blog.pageName/></title>
    </b:if>
  8. Setelah itu simpan template.
Berikut kode html yang dari blog saya yang sudah diganti dengan kode perintah pengkondisian "if" sebagai penentu judul postingan :

cara menjadikan judul postingan sebagai judul blog
Menurut saya pribadi walaupun memang cara diatas merupakan bukanlah jurus maut supaya postingan anda bisa mendapatkan range yang tinggi pada search engine tapi setidaknya bisa menjadi salah satu jurus rahasia anda yang bisa membuat blog anda sedikit sakti. Jadi anda jangan ragu untuk mencobanya, apalagi cara ini bukanlah cara yang ilegal di mata search engine. Memang masih banyak jurus rahasia yang lain yang bisa anda terapkan pada blog kesayangan anda, saya sarankan supaya anda jangan terpaku atau puas dengan hanya beberapa usaha optimalisasi blog. Perbanyaklah pengetahuan anda tentang blog dengan membaca postingan-postingan para web master dan aturan search engine, supaya lama-lama anda juga akan berubah menjadi master seiring waktu. Seperti halnya saya yang masih haus akan dunia web dan blog dan masih merasa masih harus banyak belajar. ok broo let's have fun with blogging.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...